Ekspor Ikan Kerapu Tanjungpandan Capai 26 Ton, Tujuan Hongkong

Dengan potensi laut yang dimiliki, Kabupaten Belitung diharapkan mampu menjadi salah satu daerah penghasil ikan berkualitas tinggi yang dapat memenuhi permintaan pasar internasional, khususnya di Asia

TANJUNGPANDAN: Sebanyak 26 ton berbagai jenis usaha budidaya ikan kerapu yang diekspor ke Hongkong dengan kapal berbendera asing, FUNG KWAI FONG, baru-baru ini.

Kegiatan ekspor ini mendapat perhatian dari berbagai pihak, termasuk Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung, Firdaus Zamri SPi, yang turun langsung ke tempat ekspor pengiriman ikan kerapu tempat pengusaha aswa

Ekspor ikan kerapu ini dilakukan dalam dua tahap. Pengiriman pertama terjadi pada bulan Januari dengan jumlah 13 ton. Pengiriman kedua dilakukan pada bulan ini, juga dengan jumlah 13 ton. Rincian jenis ikan yang diekspor meliputi 1,5 ton kerapu sunu, 0,3 ton kerapu lumpur, 0,3 ton bujur timun (ribbon fish), 5 ton kerapu cantang, dan 6 ton kerapu cantik.

“Jadi, sampai dengan bulan ini total ekspor kita mencapai 26 ton, dengan frekuensi dua kali pengiriman. Semua ini bertujuan ke Hongkong dan diangkut menggunakan kapal berbendera asing, FUNG KWAI FONG,” ujar Firdaus Zamri.

IMG 20240526 025201
Ekspor ikan kerapu

Firdaus menambahkan bahwa ekspor ini merupakan langkah positif dalam memajukan sektor perikanan di Belitung. Selain memberikan keuntungan ekonomi bagi para pembudidaya ikan, kegiatan ekspor ini juga menunjukkan kualitas hasil laut daerah yang mampu bersaing di pasar internasional.

Para pembudidaya ikan dan pihak terkait berharap bahwa ke depannya akan ada peningkatan volume ekspor serta perluasan pasar ke negara-negara lain.

“Kami optimis bahwa dengan peningkatan kualitas dan kuantitas tangkapan, ekspor ikan dari Belitung akan semakin meningkat,” kata Firdaus.

Kegiatan ekspor ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif pada perekonomian lokal, membuka peluang kerja, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir di Kabupaten Belitung.

Dengan potensi laut yang dimiliki, Kabupaten Belitung diharapkan mampu menjadi salah satu daerah penghasil ikan berkualitas tinggi yang dapat memenuhi permintaan pasar internasional, khususnya di Asia. Ke depan, kerjasama antara nelayan, pemerintah, dan pihak terkait diharapkan semakin erat untuk mendukung keberlanjutan sektor perikanan yang berkelanjutan.