Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Pandan Lakukan Sosialisasi Aturan Izin Tinggal keimigrasian di Tanjung Pandan

Dengan sosialisasi ini, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Pandan berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan dan memberikan edukasi yang komprehensif kepada masyarakat tentang pentingnya memahami dan mematuhi aturan keimigrasian yang berlaku.

TANJUNGPANDAN: Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, di bawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengadakan sosialisasi tentang aturan dan ketentuan izin tinggal keimigrasian kepada para pengusaha, dan individu, Selasa (14/5), yang bertempat di Hotel La Lucia, Tanjungpandan.

Rahmad Suharto, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Pandan ungkapkan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai regulasi izin tinggal keimigrasian.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari istri Warga Negara Asing (WNA), perusahaan yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA), serta awak media.

Rahmad Suharto menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua peserta yang telah hadir.

Ia menyebutkan bahwa saat ini, imigrasi bergerak cepat melakukan perubahan di berbagai lini guna menyesuaikan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang sangat dinamis.

Rahmad menjelaskan bahwa Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) No 22 Tahun 2023 tentang Visa dan Izin Tinggal telah mengalami banyak perubahan substansial. Beberapa perubahan tersebut meliputi penyederhanaan persyaratan, pemangkasan tahapan, serta penyesuaian dan penambahan produk seperti Golden Visa dan Silver Hair Visa.

“Dengan adanya perkembangan hukum, tuntutan masyarakat, dan perkembangan teknologi informasi, kami perlu melakukan penyesuaian regulasi,” tambahnya.

Dalam rangka menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini, Kementerian Hukum dan HAM juga menerbitkan Permenkumham Nomor 11 Tahun 2024 tentang Visa dan Izin Tinggal. Regulasi baru ini mengharuskan perubahan fundamental dalam pelaksanaan pelayanan keimigrasian, dari sistem manual menjadi elektronik.

IMG 20240514 163710
sosialisasi tentang aturan dan ketentuan izin tinggal keimigrasian kepada para pengusaha, dan individu serta masyarakat setempat, Selasa (14/5), yang bertempat di Hotel La Lucia, Tanjungpandan.

“Kami memiliki kewajiban untuk menyampaikan dan menyebarluaskan informasi tentang peraturan dan kebijakan izin keimigrasian ini kepada masyarakat pengguna layanan keimigrasian,” tegas Rahmad Suharto.

Ia berharap para peserta dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik dan memahami perubahan-perubahan yang ada. Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah dan cepat dalam mengurus izin tinggal keimigrasian sesuai dengan regulasi terbaru.

Dengan sosialisasi ini, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Pandan berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan dan memberikan edukasi yang komprehensif kepada masyarakat tentang pentingnya memahami dan mematuhi aturan keimigrasian yang berlaku.

 

Paparan sosialisasi

Sementara itu, materi sosialisasi disampaikan oleh perwakilan dari Direktorat Izin Tinggal Keimigrasian dengan narasumber dan moderator dari Kepala Subseksi Izin Keimigrasian Tinggal Feri Ferdinanto.

Dalam paparannya, Feri Ferdinanto memberikan pemaparan secara komprehensip, dalam sosialisasi ini, yang membahas secara rinci berbagai jenis izin tinggal, mulai dari izin tinggal diplomatik, izin tinggal dinas, izin tinggal kunjungan, izin tinggal terbatas, hingga izin tinggal tetap. Ditekankan juga wewenang berbagai lembaga seperti Kementerian Luar Negeri, TPI, KANIM, dan DITJENIM dalam memberikan izin tinggal.

IMG 20240514 163923
sosialisasi tentang aturan dan ketentuan izin tinggal keimigrasian kepada para pengusaha, dan individu serta masyarakat setempat, Selasa (14/5), yang bertempat di Hotel La Lucia, Tanjungpandan.

Para peserta diberikan penjelasan mengenai bebas visa kunjungan (BVK), Visa Kunjungan Satu Kali (VKSK), Visa Kunjungan Beberapa Kali Perjalanan, dan berbagai jenis izin tinggal lainnya, termasuk persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkannya.

Lebih lanjut, dijelaskan pula prosedur pengajuan visa dan izin tinggal secara online, seperti pengajuan visa elektronik, perpanjangan izin tinggal, dan pengajuan izin tinggal terbatas. Informasi mengenai jenis tarif dan layanan yang berkaitan dengan izin tinggal keimigrasian juga disampaikan kepada para peserta.

Dengan hadirnya para pelaku usaha dan acara sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai peraturan izin tinggal keimigrasian, sehingga dapat mendukung pengembangan bisnis di Kepulauan Bangka Belitung. Acara ini tutup dengan dialog dan tanya jawab seputar kegiatan izin tinggal keimigrasian.*