Home / Bangka Belitung / Penyuluh: Terima Kasih Menteri KKP RI Resmikan Desa Suak Gual Jadi KNM
IMG-20210331-WA0002
Penyuluh Perikanan Wilayah Kerja Kecamatan Selat Nasik Ani Saputra SPi bersama Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono.

Penyuluh: Terima Kasih Menteri KKP RI Resmikan Desa Suak Gual Jadi KNM

Bagikan :

SELATNASIK: Penyuluh Perikanan Wilayah Kerja Kecamatan Selat Nasik Ani Saputra SPi ucapkan terima kasih kepada rombongan kementerian KKP RI berkunjung ke Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, baru baru ini guna meresmikan KNM (kampung nelayan maju) desa suak gual.

“Terima kasih kepada bapak menteri KKP RI, Dirjen, dan kepala Badan BRSDM KP, Dirjen tangkap beserta rombongan lainnya,” katanya.

Selain itu, Ani sampaikan  juga ucapkan terima kasih kepada pemkab Belitung, Kepala Dinas Perikanan  Kabupaten Belitung hingga kepala desa yang telah mendukung acara peresmian desa suak gual sebagai Desa Percontohan Kampung Nelayan Maju.

Adapun Desa Suak Gual Kecamatan Selat Nasik Kabupaten Belitung menjadi percontohan kampung nelayan maju adalah program salah satu prioritas dari KKP tahun 2021 di bawah komando Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Pada peresmian, Menteri Trenggono bersama Bupati Belitung Sahani Saleh dan jajaran Eselon I lingkup KKP menandatangi prasasti kampung nelayan maju di desa Suak Gual yang penuh warna.

Warna-warni Desa Suak Gual menjadi daya tarik tersendiri sebagai permukiman nelayan. Selain bersih dan tertata rapi, desa ini juga memiliki fasilitas yang baik sehingga dapat menarik wisatawan dari luar Belitung.

Pengembangan kampung nelayan maju ini merupakan inisiasi Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) KKP. Upaya ini dilakukan untuk mengubah kampung nelayan dari kesan miskin, kumuh dan kotor menjadi lebih maju dan tertata dengan baik.

Nelayan pun diberikan praktek tata cara pembuatan rumpon, pembuatan bubu lipat ikan, pelatihan aplikasi nelayan nusantara, bimbingan kemasan, pembuatan dan praktek abon dan bakso ikan. *