Home / Bangka Belitung / Rajut Silatuhrahmi Lewat Acara Maras Tahun di Simpang Rusa
IMG_20220522_213727

Rajut Silatuhrahmi Lewat Acara Maras Tahun di Simpang Rusa

Bagikan :

MEMBALONG: Hari Minggu, 22 Mei 2020,, maras tahun di Desa Simpang Rusa, yang bertempat di rumah kik Dukun Simpang Rusa Ahmad Susiman Kecamatan Membalong, Belitung.

Acara maras tahun ini dihadiri LAMBEL (Lembaga adat melayu Belitung), Kades Simpang Rusa Ardi Yusuf, LAM Desa Simpang Rusa, kadus, RT, tokoh masyarakat, tokoh agama, lebai, dan undangan lainnya.

 

IMG-20220522-WA0097

Acara maras taun ini adalah acara adat melayu belitung yang bertujuan untuk ajang silaturahim. Bersyukur dan berdoa bersama untuk keselamatan masyarakat.

Ketua LAMBEL Drs. H. Abdul Hadi Adjin menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada Pak dukun simpang rusa, dan Ketua Lambel Desa Simpang Rusa yang telah mengundang kami Lambel Kabupaten

Melalui pertemuan ini, Hadi mengajak dukun, Ketua Adat,  Kades,  Bpd serta tokoh masyarakat dan agama dan masyarakat untuk pererat
Silatuhrahmi dan ikut menjaga dan melestarikan adat dan alam lingkungan/kearifan lokal.

Hadi ungkapkan bahwa di Kecamatan membalong ini salah satu potensi andalan Pembangunan Belitong khusus potensi adat budaya/Kearifan lokalnya masih terjaga dengan baik dusamping adat dan budaya yang ada juga potensi sumber daya alamnya yang sangat kaya dan beragam.

Atas dasar itulah kata Hadi, lembaga adat melayu belitung terus berupaya maksimal untuk meningkatkan Kesadaran Masyarakat khususnya masyarakat Membalong secara kompak bersatu menjaga dan melestarikan adat budaya dan lingkungan alam baik darat, sungai dan laut guna kebutuhan serta kelangsungan hidup anak cucu kita yang akan datang.

Acara kegiatan ini diawali sambutan panitia, ritual maras tahun, dan penutup dilanjutkan makan lepat bedulang.*