Home / Bangka Belitung / Satgas COVID-19 Belitung Imbau Perayaan Imlek Jalankan Prokes Secara Baik
Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh, yang sekaligus Bupati Belitung/Foto Ist.

Satgas COVID-19 Belitung Imbau Perayaan Imlek Jalankan Prokes Secara Baik

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Satgas (Satuan Tugas) COVID-19 Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung imbau perayaan Tahun Baru Imlek 2572 tanpa menggelar acara “open house” atau menerima tamu guna mengantisipasi penyebaran virus COVID-19.

Selain itu, rangkaian tersebut dengan ikuti prokes (protokol kesehatan) secara baik.
Hal itu disampaikan Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh, yang sekaligus Bupati Belitung di Tanjung Pandan, Rabu, kepada wartawan.

“Tidak menggelar “open house”, tidak menimbulkan kerumunan dan segala macam,” katanya.

Satgas COVID-19 Kabupaten Belitung kata Sahani, juga meminta rangkaian sembahyang tahun baru Imlek yang diselenggarakan di Kelenteng maupun Vihara dijalankan dengan protokol kesehatan secara ketat.

“Mungkin bisa dibatasi dan dibagi pelaksanaannya sembahyang menjadi beberapa sesi secara bergantian sehingga tidak menimbulkan kerumunan,” ujarnya.

Dia berharap, masyarakat Tionghoa yang merayakan Imlek dapat saling mengerti dan memaklumi dikarenakan kondisi yang masih berada ditengah pandemi COVID-19.

“Jadi sama-sama menghargai dan sama-sama memahamilah kondisi pandemi ini,” katanya.

Ia menambahkan, tradisi saling mengunjungi pada puncak Hari Imlek 2572 untuk sementara ini dapat digantikan dengan saling berkirim makanan dengan maksud tidak mengurangi makna perayaan itu sendiri.

“Misalnya untuk angpao bisa digantikan cara pemberiaannya dengan cara ditransfer,” ujarnya.*