Home / Bangka Belitung / Usaha Pengolahan/ Pengemasan Ubur-Ubur Di Desa Tanjung Tinggi

Usaha Pengolahan/ Pengemasan Ubur-Ubur Di Desa Tanjung Tinggi

Bagikan :

TANJUNGPANDAN – Salah satu Sektor Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Belitung kini cukup menjanjikan kehidupan masyarakat di sekitar pesisir.

Salah satunya, adalah Usaha Pengolahan dan Pengemasan Ubur-Ubur yang bertempat di Desa Tanjung Tinggi Kecamatan Sijuk.

Adapun Usaha Pengolahan dan Pengemasan Ubur-Ubur ini tergolong baru dan berjalan sekitar 2 Minggu tersebut.

Lewat usaha ini telah mampu menyerap tenaga kerja hingga lebih dari 500 orang pekerja. Selain itu dalam sepekan perputaran uang bisa mencapai miliaran rupiah.

“Di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini, masyarakat sangat terbantu dengan adanya usaha Pengolahan dan Pengemasan Ubur-Ubur ini,” kata Kordinator lapangan usaha pengolahan dan pengemasan ubur-ubur di Desa Tanjung Tinggi Kecamatan Sijuk Bastian Selasa (17/8).

Dikatakan, sedikitnya ada 500 orang yang bekerja mulai dari pekerja harian, pencari ubur-ubur, bagian pengolahan dan pengemasan baik di lokasi Teluk Dalam Desa Juru Seberang maupun di Desa Tanjung Tinggi.

Dijelaskan Bastian, hasil pengolahan dan pengemasan ubur-ubur tersebut nantinya akan di kirim keluar negeri dengan tujuan Taiwan, Cina, Korsel dan Jepang.

“Dalam sepekan, perputaran uang bisa mencapai miliaran. Untuk seminggu biasanya ada 12 ribu keranjang ubur-ubur yang di hasilkan atau di dapatkan,” jelasnya.

Menurutnya, di daerah Pulau Sumatera ubur-ubur dengan kualitas baik hanya terdapat di daerah Lampung dan Belitung.

“Alhamdulillah masyarakat sangat senang dan terbantu dengan adanya pengolahan dan pengemasan ubur-ubur ini dan Pemerintah Daerah setempat juga sangat mendukung adanya usaha ini,” pungkasnya.*TIM