Home / Bangka Belitung / Bahas Usulan Bantuan Nelayan, KUB Karang Kembang dan Kepiting Laut Gelar Pertemuan

Bahas Usulan Bantuan Nelayan, KUB Karang Kembang dan Kepiting Laut Gelar Pertemuan

Bagikan :
  • 9
    Shares

BADAU: Dua kelompok usaha bersama (KUB) masing-masing KUB Karang Kembang dan KUB Kepiting Laut mengelar pertemuan di dua lokasi di rumah Ketua KUB masing-masing dikawasan Dusun Tanjung Tikar dan Desa Sungai Samak, Kecamatan Badau, Belitung Induk, Kemarin.

Pertemuan itu membahas tentang pemantapan kelompok usaha bersama untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dalam berkelompok serta identifikasi kelompok KUB termasuk usulan proposal bantuan untuk nelayan.

Penyuluh Perikanan Bantu Ani Saputra SPI ketika dihubungi trawangnews.com membenarkan adanya kegiatan pertemuan tersebut. Dalam Pertemuan itu, Ani Saputra SPI yang juga Penyuluh Perikanan Bantu Wilayah Kerja Kecamatan Selat Nasik ini menjelaskan tentang administrasi manajemen pembukuan kelompok seperti buku kas, buku notulen, dan buku rencana usaha KUB dan lain-lainnya. usaha bersama seperti buku kas, buku hadir kelompok dan buku notulen rapat.

Kegiatan pertemuan tersebut menurut Ani, didampingi penyuluh PNS dan Penyuluh Perikanan Bantu Wilayah Kerja Kecamatan Badau Ruth Helen SPi dan Deby Sagitalina SPI dan Ani Saputra SPI , Penyuluh Perikanan Bantu Wilayah Kerja Kecamatan Selat Nasik.

Yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Pelaksana Tugas Bidang Perikanan Tangkap Kasi Kelembagaan dan Sumber Daya Nelayan pada Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Ade Winarko S.ST.PI beserta para Ketua KUB diantaranya Ketua KUB Kembang Darmo dan Ketua KUB Kepiting Laut Dino.

Ketua KUB Kembang Darmo mengucapkan terima kasih kepada dinas perikanan kabupaten Belitung dan penyuluh PNS dan Penyuluh Perikanan Bantu telah memberikan pembinaan kelompok usaha bersama Kembang Karang dalam cara manajemen administrasi pembukuan KUB serta memberikan arahan berkelompok.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Bidang Perikanan Tangkap Kasi Kelembagaan dan Sumber Daya Nelayan pada Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Ade Winarko S.ST.PI memberikan arahan tentang upaya KUB agar tetap terus berjalan dan terus mengoptimalkan perkembangan usaha nelayan dalam perikanan tangkap.

Baca Juga :  Guna Peningkatan Kesejahteraan, KUB Akar Laut Gelar Pertemuan Antar Nelayan

Selain itu, Penyuluh Perikanan Bantu Wilayah Kerja Kecamatan Badau Ruth Helen SPi dalam pertemuan itu menambahkan bila ada kelompok yang kesulitan dan terdapat permasalahan dalam berkelompok tentunya penyuluh PNS siap memberikan arahan dan solusi agar permasalahan selesai.

Sedangkan pada kesimpulan pertemuan tersebut diharapkan agar KUB yang telah dibentuk dinas perikanan tetap berjalan KUB dan dapat meningkatkan kesejahteraan kelompok usaha bersama dari uang tabung kelompok, dalam berusaha berkelompok nelayan perikanan tangkap.

Diakhir pertemuan dua kelompok usaha bersama masing-masing KUB mengusulkan proposal bantuan kelompok untuk meningkatkan usaha. Pihak dinas perikanan kabupaten Belitung menerima usulan proposal dan identifikasi usulan proposal untuk mengecek kebutuhan KUB yang ada dalam usulan proposal bantuan kelompok.*trawangnews.com