Besok, Kemenag Laksanakan Rukyatul Hilal Tentukan 1 Syawal 1442 H/ 2021 M

TANJUNGPANDAN: Kemenag Kabupaten Belitung, pada besok sore, Selasa 11 Mei 2020 sekitar Pukul 17.00 wib akan menggelar rangkaian pelaksanaan Rukyatul Hilal guna menentukan awal bulan syawal 1442 H yang bertempat di Pantai Tanjung Pendam Kecamatan Tanjungpandan.

Acara tempat pelaksanaan Rukyatul Hilal ini sudah ditentukan oleh Kementerian Agama RI sebagai titik tempat untuk melihat Rukyatul Hilal dari 88 titik pantau di Indonesia baik untuk menentukan awal bulan puasa, awal bulan syawal dan hari raya idul adha.

 

Ka Kan Kemenag Belitung Drs. H Masdar Nawawi jelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah

Pertama : untuk mendapatkan fakta yang sesungguhnya munculnya hilal di lokasi ini, hal ini dilakukan untuk memberikan pertimbangan pada sidang isbat untuk penentuan awal syawal 1441 di Kemenag RI di Jakarta.

Kedua : untuk membangun media kebersamaan antara Pemerintah, Ormas Islam dan lembaga Dakwah terutama dalam memberikan bimbingam kepada ummat

Ketiga : untuk menjalankan salah satu Perintah Rasulullah saw, bersama sama melihat bulan dalam rangka menentukan 1 Syawal 1442 H /2021 M

Keempat : dalam pelaksanaan rukyatul hilal hari ini hanya ada dua kemungkinan yang akan di hasilkan yakni jika bulan baru atau hilal nampak 2 derajat di atas ufuk, maka lebaran akan jatuh pada esoknya hari rabu 12 Mei 2021 artinya puasa 29 hari, akan tetapi jika Hilal tidak tampak, maka bulan puasa akan di sempurnakan ( istikmal ) menjadi 30 hari dan lebaran akan jatuh pada hari kamis 13 Mei 2021.

Pada pelaksanaan rukyatul hilal Selasa sore besok dibatasi jumlah pesertanya dan tetap menggunakan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, cuci tangan dan pakai masker.

Direncanakan Bapak Bupati Belitung bisa berkenan untuk hadir pada rukyatul hilal sore besok selasa di Pantai Tanjungpendan.

“Kita bermohon kepada Allah swt cuaca sore besok cerah dan tidak mendung,” katanya.

Adapun kegiatan ini akan di hadiri Bupati Belitung , Dinas Instansi, Ketua Pengadilan Agama Tanjungpandan, Perwakilan Kemenag Kab. Belitung Timur , Ketua MUI Kab. Bekitung, Ketua PC Nadhlatul Ulama, Ketua PD Muhammadiyah, Ketua DMI Kab Belitung, Ketua IPHI Kab. Belitung dan Ketua PC GP Ansor Kab Belitung dan beberapa undangan lainya.*