Home / Bangka Belitung / Ka Kan Kemenag Beltim Buka Bimtek Layanan KUA Berbasis IT

Ka Kan Kemenag Beltim Buka Bimtek Layanan KUA Berbasis IT

Bagikan :

MANGGAR: Ka Kan (Kepala Kantor) Kemenag Beltim H.Masdar Nawawi membuka kegiatan Bimtek (Bimbingan teknis) Peningkatan Layanan (KUA) Kantor Urusan Agama Berbasis IT (Informasi Tehnelogi) yang bertempat di Hotel Guest Manggar Beltim, pada hari ini Jumat 18 Okt 2019.

Adapun yang menjadi nara sumber pada kegiatan tersebut adalah Ka Kan Kemenag Beltim H Masdar Nawawi , Kasi Kepenghuluan dan Pemberdayaan KUA Kanwil Kemenag Babel H. Abd Malik, SHI, Kasi Bimas Islam H. Sadili Sanusi S.Pdi S.AP.
Pada acara ini peserta kegiatan adalah seluruh Kepala KUA dan Jfu KUA se Kab Belitung Timur .


Pada sesi kegiatan bimtek Ka Kan Kemenag Beltim H Masdar Nawawi Sebagai pemateri memberikan materi Kebijakan Agama tentang pelaksanaan SIMKAH.

Adapun SIMKAH dapat diintegrasikan dengan beberapa aplikasi yang diperlukan untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat dan menunjang kebutuhan pelaporan data secara nasional termasuk didalamnya data pencatatan perkawinan.

Adapun aplikasi yang sudah diintegrasikan dengan SIMKAH diantaranya sistim informasi PNBP online, sistem informasi administrasi kependudukan, sistim informasi masjid, zakat, wakaf, dan penerangan agama Islam.

Layanan nikah berbasis SIMKAH Web ini diatur dalam PMA 19 tahun 2018 tentang pencatatan perkawinan, dalam BAB VII tentang pengadministrasi peristiwa perkawinan dan juga pada pasal 21 yang berbunyi administrasi pencatatan perkawinan dilakukan melalui aplikasi sistim informasi manajemen perkawinan berbasis online. *trawangnews.com