Kegiatan Musrenbang RPJPD Kabupaten Belitung Tahun 2025-2045: Menuju Belitung MAJU 2045

Dokumen RPJPD 2025-2045 ini nantinya akan menjadi pedoman dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) setiap lima tahun, memberikan arah kebijakan dan sasaran pokok bagi calon Kepala Daerah, serta memastikan kesinambungan dan konsistensi perencanaan pembangunan.

TANJUNGPANDAN: Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Belitung Tahun 2025-2045 menjadi tonggak penting dalam perjalanan menuju visi Belitung MAJU (Mandiri dan Berkelanjutan) 2045.

Dibuka oleh Pj Bupati Belitung Yuspian S.Sos MIR yang diwakili Asisten 1 Pemkab Belitung Bakriansyah, acara ini melibatkan berbagai pihak, mulai dari jajaran pemerintahan hingga tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya yang dibacakan Asisten 1 Pemkab Belitung Bakriansyah ungkapksn bahwa tujuan Musrenbang ini adalah untuk memperoleh masukan dan saran guna menyempurnakan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Belitung Tahun 2025-2045.

Kabupaten Belitung, menurutnya, bertekad untuk terus melakukan pembangunan guna mencapai sasaran di tahun 2045, dengan kontribusi dari pemerintah, swasta, masyarakat, dan semua pihak terkait.

Sebab itu, lanjutnya Dokumen RPJPD 2025-2045 ini nantinya akan menjadi pedoman dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) setiap lima tahun, memberikan arah kebijakan dan sasaran pokok bagi calon Kepala Daerah, serta memastikan kesinambungan dan konsistensi perencanaan pembangunan.

Ia menambahkan bahwa Penyusunan rancangan RPJPD Kabupaten Belitung Tahun 2025-2045 mengadopsi pendekatan holistik-tematik, mempertimbangkan keseluruhan unsur pembangunan sebagai satu kesatuan faktor potensi, tantangan, hambatan, dan permasalahan yang saling berkaitan. Untuk mencapai visi Belitung MAJU 2045, diperlukan pondasi dan rangkaian program kerja yang terukur, serta penyiapan SDM yang unggul dan berdaya saing.

Karenanya, Pj Bupati Belitung Yuspian S.Sos MIR optimis bahwa dengan pembangunan yang terencana dan implementasi mekanisme tata kelola pemerintahan serta infrastruktur yang tepat, Kabupaten Belitung akan mampu mencapai kesejahteraan yang berkeadilan bagi masyarakat. Dengan kolaborasi dan komitmen semua pihak, Belitung siap memasuki era kemajuan yang berkelanjutan.*