Home / Bangka Belitung / LAMBEL & Pemkab Gelar Silatuhrahmi & Peringati Hari Lahir Pancasila
IMG_20220601_115109 (1)

LAMBEL & Pemkab Gelar Silatuhrahmi & Peringati Hari Lahir Pancasila

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: Lembaga Adat Melayu Belitung (LAMBEL) dan Pemkab Belitung mengelar acara kegiatan Silatuhrahmi di bulan syawal dan peringatan hari lahir pancasila tanggal 1 Juni 2022 ” dalam acara “Melampun Besame, Besyukor ken Bedu’e” , yang bertempat di rumsh adat Belitung, pada hari ini Rabu, 1 Juni 2022..

Acara kegiatan silatuhrahmi ini dihadiri Anggota DPD RI Ir. Darmansyah Husein, Bupati Belitung H. Sahani Saleh S.Sos, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie S.Sn MSi, Wakil Ketua DPRD Belitung Budi Pasetio, Kapolres Belitung ataupun yang mewakili, Danlanud HAS Hanandjoedin/atau yang mewakili, Dandim 0414 Belitung atau yang mewakili, Ketua FKUB Harmizi SPd, Mantan Ketua DPRD Kabupaten Belitung Arifin Paie 1982 – 1987 tokoh masyarakat Belitung Hamlet Subakti, Kepala BNK Belitung Nasrudin, S Ag. serta Ketua LAM Kecamatan dan Ketua LAM Kelurahan/Desa se-Kabupaten Belitung.

Acara diawali pembukaan oleh penghulu gawai, doa bersama dipimpin ketua FKUB yang didampingi pemuka agama dalam FKUB, lagu syukur ditampilkan tayangan alam serta kekayaan yang ada di Belitung, serta kemajuab pembangunan yang telah dilaksanakan oleh kabupaten Belitung, sambutan ketua lembaga adat belitung, harapan dan tanggapan generasi muda, penyampaian pesan dari Bupati Belitung.

IMG_20220601_120155

Ketua LAMBEL Drs H. Abdul Hadi Adjin sampaikan ucapkan terima kasih kepada pemkab Belitung yang menfasilitasi acara kegiatan ini hingga berjalan lancar.

“Terima kasih kepada Pemda Belitung khusus Kesbangpol, Kadin Kominfo, Kabag Umum, Kabag Adm Pimpinan, Kabag Protokol Setda Belitung, serta Kadin pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan KB,” katanya.

Pada acara ini, Hadi sampaikan seluruh komponen ini untuk bersama membangun sinergi dalam membangun Belitung.

“Kami usulkan agar gerbang pintu masuk dan keluar bercirikan adat Belitung, pemasangan payung lilin laskar pelangi sebagai upaya membentuk ciri khas yang bernuansa adat kearifan lokal sebagai identitas daerah. Apalagi Belitung telah ditetapkan Geopark oleh Unesco,” kata lain

Hal lain disampaikan Ketua LAMBEL dalam pertemuan tersebut yang terkait perlunya dibantu anggaran pengembangan pendidikan seperti halnya membantu pembiayaan pembangunan politeknik Belitung serta perlunya Penyusunan Peraturan Bupati sebagai tindak lanjut Perda Perda 11, 2 dan 13 kaitan dengan penataan administrasi lembaga adat melayu Belitung agar singkronisasi dalam pembangunan Belitung.

Sementara itu, Bupati Belitung H. Sahani Saleh S.Sos mengucapkan apresiasi kepada LAMBEL yang telah banyak memberikan masukan untuk pembangunan Belitung.

Berkaitan hari pancasila, Sahani Saleh ajak seluruh komponen masyarakat Belitong untuk terus memperkuat silatuhrahmi dan menjaga kerukunan antar umat beragama serta pererat tali kekeluargaan untuk bersinergi dalam membangun Belitung.

Terkait dengan keberadaan politeknik Belitung, Sahani sangat mendukung upaya sebagai pengembangan SDM (sumber daya manusia) dibidang pendidikan di pulau Belitung.

“Kita siap untuk membantu politeknik Belitung baik dalam berbagai bidang ternasuk pembangunan dan sarana serta prasarananya,” katanya

Acara ditutup dengan jabatan tangan dan salam para undangan yang hadir diacara tersebut sebagai ucapan minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir dan batin.*