Home / Bangka Belitung / BNNK Belitung Siapkan Program Nasional Tahun 2022
IMG_20220123_200244
Kepala BNNK Belitung Nasrudin

BNNK Belitung Siapkan Program Nasional Tahun 2022

Bagikan :

TANJUNGPANDAN: BNNK (Badan Narkotika Nasional Kabupaten)  Belitung menyiapkan Program Prioritas Nasional P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) tahun 2022.

Adapun program tersebut yaitu :
1. Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba
2. Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba Berbasis Sumberdaya Pembangunan Desa
3. Pembentukan Teman Sebaya Anti Narkoba
4. Kabupaten Tanggap Ancaman Narkoba.

Kepala BNNK Belitung Nasrudin mengatakan, bahwa keempat program tersebut akan mereka fokuskan pada tahun 2022 ini, sebab merupakan program prioritas nasional.

” Memasuki tahun anggaran dan kegiatan tahun 2022, masih sama seperti 2021 lalu. Namun akan ada penajaman dalam poin-poin tertentu, seperti 4 program prioritas nasional ini,” kata Nasrudin kepada Trawangnews.com, Minggu (23/01).

Menurut Nasrudin, bahwa pendampingan program ketahanan keluarga anti narkoba nanti, diharapkan ada role model dari keluarga yang terdiri dari orang tua dan anak (usia SMP), tentunya orang tua dan anak ini diharapkan punya komitmen yang sama dalam memerangi narkoba. Hal itu karena keluarga adalah pilar utama.

Program kedua yakni program ketahanan keluarga anti narkoba berbasis sumberdaya pembangunan desa, sebab saat ini narkoba sudah masuk desa atau kelurahan, sehingga kepala desa atau lurah beserta jajarannya harus punya komitmen yang nyata dalam program P4GN.

“Sebagai bentuk komitmen desa bersinar (bersih narkoba), nantinya kades atau lurah dan aparaturnya harus menyusun kegiatan dan anggaran terkait bidang P4GB, termasuk didalamnya menjalani tes urin,” terangnya.

Lanjut Nasrudin, Program ketiga yaitu pembentukan teman sebaya anti narkoba. Ini nantinya menyasar anak pada usia SMA sederajat, dan bisa diberdayagunakan, guna perang melawan narkoba.

“Di Provinsi Kep Babel sudah ada KIPAN (Kader Inti Pemuda Anti Narkoba). Kita sudah komuanikasi dengan provinsi untuk dibentuk KIPAN di Belitung dan Belitung Timur. Kita berharap remaja di Pulau Belitung benar-benar clean and clear, kalau tidak fokus disini akan menghasilkan generasi sampah dan menjadi beban masyarakat,” bebernya.

Kemudian Program keempat yaitu Kabupaten Tanggap Ancaman Narkoba. Bupati beserta jajaran Forkopimda dan OPD punya semangat yang kuat untuk hal ini. Terbukti dengan ditandatanginya NPHD hibah berupa gedung kepada BNNK Belitung tanggal 12 Januari 2022 lalu.

“Saya mengapresiasi sangat positif sekali kemauan pak Bupati untuk bersinergi bersama BNN, untuk menciptakan Kabupaten Belitung Bersinar,” tandasnya.*